Wawancara Dengan Habib Ali Hasan Bahar
Gerakan Wahabi di Indonesia dicurigai membawa misi untuk menghancurkan dan menguasai, baik teritori maupun ekonomi.
Di
Indonesia tak hanya tanahnya yang subur, berbagai ideologi juga tumbuh
subur, termasuk ideologi Wahabi. Apalagi gerakan Wahabi masuk dengan
pola yang terorganisir rapi. Dana mereka juga cukup banyak. Simpati dari
para pemilik dana itu mengalir sangat pesat dari Timur Tengah (Saudi).
“Mereka
bekerjasama dengan percetakan, media, dan radio. Itu modal bagi paham
apapun untuk bisa masuk dan tumbuh berkembang di sini,” ujarHabib Ali Hasan Bahar, mantan Ketua Habaib DKI Jakarta, kepada Moh Anshari dari Indonesia Monitor.
Berikut
ini petikan wawancara dengan alumunus Universitas Kerajaan Yordania yang
kini aktif di Islamic Centre Kwitang dan UIN Jakarta itu.
Bagaimana awal kemunculan aliran Wahabi?
Wahabi
itu diidentifikasi sebagai satu kelompok yang mengaku sebagai pengikut
Muhammad bin Abdul Wahab. Kemunculannya di Jazirah Arab dimaksudkan
untuk membersihkan akidah dari perilaku-perilaku syirik. Pencetusnya
adalah Muhammad bin Abdul Wahab.
Bagaimana perkembangan Wahabi di Jazirah Arab?
Wahabi
menguasai Mekah dan Madinah dengan berbagai cara, termasuk kekerasan
melalui peperangan. Banyak ulama yang menjadi korban. Di Indonesia,
sejarah lahirnya Nahdlatul Ulama juga dilatarbelakangi oleh keinginan
untuk menyelamatkan Mekah dan Madinah dari penguasaan Wahabi yang
ekstrem itu. Sampai-sampai NU mengutus Komite Hijaz ke Mekah untuk
memrotes gerakan Wahabi yang hendak menghilangkan makam Nabi Muhammad SAW yang dianggap oleh Wahabi sebagai tempat syirik.
Jadi, sejak awal kemunculannya, gerakan Wahabi sudah radikal dan ekstrem?
Kalau dibaca dari buku-buku sejarah Arab modern, memang para pengikut Wahabi memakai cara-cara yang disebut dengan istilah ‘Badui-Wahabi’,
yakni cara-cara barbar, kekerasan, dan agresif. Seperti di Indonesia
juga ada penghancuran kuburan dan diratakan dengan tanah. Karena menurut
keyakinan mereka, itu sesat, bid’ah, dan syrik.
Kabarnya Wahabi dilahirkan oleh imprealis Inggris untuk memecah-belah kekuatan Islam?
Ya.
Indikasinya memang kuat dugaan demikian itu. Seperti dimuat dalam Islam
Online berbahasa Arab, edisi hari ini, Kamis (20 / 8), ada laporan
sebuah pemyataan dari seorang da’i terkenal di Aljazair yang mengatakan
bahwagerakan Wahabi atau menurut penyebutan mereka Salafi-Wahabi
merupakan buatan intelijen asing yang dibuat untuk menghancurkan
madzab-madzab yang lain. Mereka menganggap orang yang berbeda dengan
mereka sebagai kafir.
Mengapa mereka bisa begitu ekstrem dan radikal?
Mungkin
karena Wahabi dilahirkan di tempat yang keras, maka kata-kata dan
doktrin-doktrin yang digunakan juga keras. Banyak pemikiran-pemikiran
yang dihasilkan oleh ulama-ulama mereka itu sangat keras, model
pemikiran yang keras, mudah menuduh bid’ah, bahkan mudah mengafirkan,
tidak toleran, kaku, dan literalis. Tidak menutup kemungkinan itu
dimanfaatkan oleh kepentingan-kepentingan tertentu, termasuk asing,
untuk memojokkan Islam.
Bila
awal kemunculan Wahabi diwarnai aksi-aksi perebutan dan penguasaan di
Semenanjung Saudi Arabia, berarti lahirnya Wahabi bermotif
politis-kekuasaan?
Kalau
dibilang sejak awal kemunculan Wahabi bermotif politis-kekuasaan, bisa
saja. Namun, kita husnu-zhon (berbaik sangka) saja bahwa lahirnya aliran
ini bermotif keagamaan. Hanya saja ada kepentingan-kepentingan yang
memanfaatkan gerakan tersebut, termasuk kepentingan asing. Saya rasa,
bukan hanya di Arab Saudi, di mana pun juga sama, baik pihak asing
maupun dalam negeri pasti akan memanfaatkan setiap kesempatan.
Kabarnya, di balik kemunculan Wahabi juga ada motif adanya motif untuk menguasai minyak?
Dugaan
itu tidak sepenuhnya salah tapi juga tidak benar seratus persen.
Artinya, dugaan itu memang ada benarnya. Bahwa kemudian kemunculan
Wahabi itu membuat umat Islam terpecah itu dapat kita rasakan. Saya
masih teringat satu buku yang ditulis oleh Sholeh Al-Wardani asal Mesir berjudul ‘Fatwa-fatwa bin Baz’. Buku itu mengritisi fatwa-fatwa Grand Mufti (Juru Fatwa Agung) Saudi Arabia Abdul Aziz bin Baz yang mengeluarkan fatwa untuk berjihad ke Afghanistan.
Apanya yang aneh dari fatwa itu ?
Kenapa fatwa itu memerintahkan berjihad ke Afghanistan, kenapa tidak ke Palestina? Itu menjadi tanda tanya besar. Nah, di buku itu dianalisa dan diduga bahwa di balik fatwa itu ada dikte dan intervensi atau arahan dari kepentingan tertentu (asing).
Menurut Anda, ada kepentingan apa di balik fatwa itu?
Kader-kader
Wahabi yang berjihad ke Afghanistan itu sebenarnya hasil rekayasa
intelijen Eropa Barat untuk menghabisi pengaruh komunisme Eropa Timur di
Afghanistan. Afghanistan menjadi lahan pertempuran dua ideologi;
ideologi Barat dan ideologi Timur. Sepertiya betul kesimpulan Sholeh
Al-Wardani yang mengatakan bahwa sepertinya ada tangan-tangan tertentu yang menunjuk dan mengarahkan fatwa jihad Wahabi itu.
Bagaimana pola aliran Wahabi yang berkembang di Indonesia?
Indonesia
adalah negara yang wilayahnya subur. Ditanami apa saja tumbuh. Gerakan
apa pun yang masuk ke Indonesia bisa cepat tumbuh, apalagi gerakan
tersebut masuk dengan pola yang baik dan rapi. Dana mereka juga cukup
banyak. Simpati dari para pemilik dana itu mengalir dari Timur Tengah
(Saudi Arabia) dan mengalir sangat pesat, sehingga itu cukup memudahkan
kerja keras mereka. Mereka bekerja sama dengan percetakan, media, dan
radio. Itu modal bagi paham apapun untuk bisa masuk dan tumbuh
berkembang di sini.
Muhammadiyah sering di identikkan dengan Wahabi. Apakah berdirinya Muhammadiyah juga bagian dari proyek Wahabi di Indonesia?
Kita
tidak bisa mengatakan seratus persen seperti itu. Tapi yang bisa kita
buktikan memang kiblat dari mayoritas pengikut Muhammadiyah itu adalah
mazhab Ahmad bin Hambal, sebagaimana Wahabi. Dan madzab ini pusatnya di
Arab Saudi. Tapi saya melihat tokoh Muhammadiyah seperti Ahmad Dahlan
itu masih belum sampai bercorak Wahabi melainkan lebih tepat ke pengikut
Hambali. Sebab, Ahmad Dahlan sangat toleran, berbeda dengan ciri-ciri
Wahabi (yang tidak toleran kepada mazhab Islam lainnya).
Bagaimana dengan HTI, JI, NII, Ikhwanul Muslimin, dan PKS yang disebut-sebut berideologi Wahabi?
Wahabi
berbeda dengan Ikhwanul Muslimin. Bahkan keduanya berpolemik dalam
banyak permasalahan. Demikian juga dengan Hizbut Tahrir. Bahkan, HTI dan
Ikhwanul Muslimin dikafirkan oleh pengikut Wahabi.
Apakah
masuknya gerakan Wahabi ke Indonesia membawa misi untuk penguasaan
politik dan ekonomi, sama halnya di Afghanistan dan Arab Saudi?
Menurut Mohammed Arkoun (pemikir
Islam kontemporer Maroko), dalam sepuluh tahun ke depan, Indonesia akan
menjadi negara Islam terbesar dan terkuat dunia. Nah, tidak menutup
kemungkinan, dikirimnya virus-virus paham ekstrem itu ke Indonesia
bertujuan untuk menghancurkan negara ini hingga tinggal nama saja. Virus
itu memang sengaja disebar dan disuntikkan untuk melumpuhkan kebesaran
bangsa ini.
________________
Sumber : Indonesia Monitor, Edisi 61 Tahun II/26 Agustus – 1 September 2009
No comments:
Post a Comment